Petunjuk Keamanan Mascus

Petunjuk Keamanan Mascus

Dalam setiap bisnis selalu terdapat individu atau penjahat yang berusaha mendapatkan keuntungan dengan mencuri dari pihak lain. Mascus melakukan segala upaya untuk menangkal upaya penipuan serta melindungi pengguna dan pelanggannya.

Sebagian besar dari petunjuk ini ialah untuk menginformasikan kepada pengguna akan bahaya, trik umum, teknik serta metode yang digunakan oleh mereka yang mencoba mengambil keuntungan dari para pengguna dan juga untuk mengingatkan para pengguna kami untuk selalu menggunakan akal sehat dan mengambil tindakan pencegahan.

Dokumen ini mencakup hal-hal berikut:

Petunjuk Keamanan Umum untuk membeli dan menjual via Mascus

Petunjuk keamanan umum pada saat pengiriman dan pembelian mesin / kendaraan

Penipuan jenis lainnya

Catatan mengenai keterkaitan Mascus di dalam pembuatan kesepakatan
Catatan mengenai teknik dan metode penipuan
Bantuan langsung Mascus untuk membantu kecurigaan atas penipuan : Formulir Umpan balik Mascus dan data kontak

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Petunjuk keamanan umum pada saat pengiriman dan pembelian mesin atau kendaraan

Transfer uang tunai atau melalui bank:

Bahkan dengan transfer tunai sekalipun, Anda dapat menjadi korban penipuan:

Contoh dari trik penipuan yang umum:

Dengan sedikit uang muka, penjual berhak menetapkan bahwa hanya Anda seoranglah yang akan membeli mesinnya. Umumnya harga mesin cukup rendah. Sebagai jaminan (uang muka), "penjual" meminta sebagian harga pembelian di transfer pada sebuah rekening yang dipercaya oleh pembeli.
Sebagai konfirmasi transfer, pembeli harus memberitahu penjual jumlah yang ditransfer dan nama pemegang rekening. Para "penjual" kemudian menarik uang dengan identitas dan dokumen palsu.
Jenis penipuan ini mungkin dalam kasus pembayaran transfer tunai (untuk Money Gram, Western Union, Escrow) dan transfer bank.

Informasi dan dokumen mengenai mesin atau kendaraan dan identitas dari penjual telah dipalsukan.

Itulah sebabnya Mascus merekomendasikan:

Jangan pernah memberikan informasi penting perbankan Anda pada orang yang tidak dikenal.
Pengiriman uang tunai pada keluarga atau teman tidak dapat melindungi Anda dari penipuan.

Selanjutnya pengiriman dokumen secara elektronik (seperti hasil pemindaian, email atau fax dari sertifikat kendaraan, paspor, dll) tidak merupakan bukti penuh dari keaslian identitas penjual atau kepemilikan kendaraan atau mesin.

Mascus tidak terlibat di dalam transaksi atau penjualan apapun yang dilakukan oleh pengguna Mascus. Mascus tidak mendapatkan pemberitahuan siapa yang membeli sebuah mesin dan dari siapa ia membelinya. Semua kondisi dan kesepakatan mengenai pembelian dibuat hanya di antara penjual dan pembeli. Mascus tidak memiliki informasi atau sumber daya untuk memeriksa atau bahkan menjamin kelayakan kredit atau keotentikan seorang penjual.
Jika Anda menerima informasi atau dokumen yang mengatakan bahwa Mascus menjamin kelayakan kredit atau keotentikan seorang penjual, maka informasi yang Anda dapatkan telah dipalsukan. Dalam kasus ini, silakan menghubungi kami secepatnya.

Karenanya jangan pernah melakukan pembayaran di muka.

Data pribadi Anda:

Informasi mengenai perbankan atau kartu kredit Anda hanya diminta oleh Mascus, jika Anda mempunyai sebuah akun atau akan melakukan pembayaran iklan. Tidak akan diminta lagi di kemudian hari, tidak melalui email, telepon, fax atau cara apapun.

Jangan pernah memberikan nama pengguna atau kata sandi Anda pada orang asing!

Berhati-hati dengan cek!

Penjual juga dapat menjadi korban penipuan!

Penjual sering kali dibohongi dengan pembayaran menggunakan cek yang tidak aman. Karenanya: Jangan pernah menerima pembayaran menggunakan cek.

Jika seseorang mengirimi Anda, sebagai penjual, sebuah cek (umumnya berasal dari luar negeri) dan jumlah yang tertera di atasnya lebih tinggi dari harga penjualan yang disepakati, Anda dapat berasumsi bahwa ini merupakan percobaan penipuan.
Tujuan dari penipuan jenis ini ialah karena kesalahan tadi Anda diharuskan mentransferkan kelebihan jumlahnya kepada akun bank pembeli! Hingga akhirnya Anda menemukan bahwa cek tersebut merupakan hasil curian atau telah dipalsukan.

Biasanya cek jenis ini tidak akan disadari pada tahap verifikasi pertama. Baru belakangan diketahui bahwa cek tersebut kosong atauhasil curian. Penjuallah yang paling dirugikan dalam hal ini, tidak hanya kehilangan uang yang telah ditransfer kepada pembeli, tapi juga mesin atau kendaraan yang telah ia jual dan kirimkan menghilang begitu saja.

Penipuan / Email "mencurigakan" palsu juga dikenal sebagai "Phishing"

Sayangnya pemalsuan atau penggunaan alamat email palsu secara teknis mungkin untuk dilakukan:

Ketika seorang pengguna melakukan pencarian mesin atau kendaraan di dalam Mascus, Mascus tidak menanyakan data pribadi atau rahasia (no kartu kredit, dll). Hal yang sama berlaku juga melalu email, telepon, fax: staf Mascus tidak akan pernah menanyakan data rahasia kepada Anda, kapanpun juga.
Apabila Anda menerima permohonan dari Mascus mengenai informasi pribadi, pelanggan, bank atau informasi rahasia lainnya, Anda harus mempertimbangkannya sebagai percobaan penipuan.
Silakan menghubungi kami melalui telepon resmi kami atau informasi kontak di dalam Mascus.co.id. Jangan meminta konfirmasi pada data kontak yang diberikan melalui email, telepon atau fax tersebut.

Jangan pernah memberikan salinan paspor atau dokumen kendaraan / mesin Anda pada orang asing. Informasi ini dapat digunakan untuk tujuan pemalsuan.

Mengenai “Layanan atau akun Treuhand“- dikenal juga sebagai "Layanan Escrow"

Tidak ada layanan Escrow atau akun khusus yang digunakan sebagai metode pembayaran di dalam Mascus. Juga tidak ada dealer atau penjual yang dinyatakan atau disertifikasi oleh Mascus sebagai disetujui atau diverifikasi oleh Mascus.
(sehingga disebut "Anggota Bersegel" atau yang lain).
Mascus tidak memberikan sertifikat atau rekomendasi apapun kepada penjual atau dealer untuk pentransferan uang.
Mascus tidak memberikan jaminan atau asuransi atas resiko penipuan pada saat pembelian atau penjualan.

TOP>>

Petunjuk keamanan umum pada saat pengiriman mesin atau kendaraan:

Bertemu dengan penjual:

Jika Anda bertemu dengan seorang penjual / dealer yang tidak Anda kenal, selalu berhati-hati:

Jangan pernah membawa uang tunai atau cek (sesuai dengan harga penjualan) bersama Anda ke lokasi, di mana Anda akan bertemu dengan penjual. Terutama bila letaknya jauh, di mana tidak ada orang di sekitar. Jika lokasi pertemuan tampak berbahaya untuk Anda, buatlah pengaturan lain, ke tempat yang lebih aman.

Jika identitas dari penjual mesin atau kendaraan tidak sesuai dengan identitas pemilik:

Apabila identitas penjual tidak sama dengan yang tertera di atas sertifikat kepemilikan kendaraan, minta sebuah sertifikat yang menunjukkan otoritas dari pemiliknya! Kendaraan / mesin tersebut begitu juga dokumennya bisa jadi hasil curian dan pemiliknya tidak mengetahui perihal penjualan mesin / kendaraan tersebut.

Identitas kendaraan, mesin atau peralatan yang Anda beli:

Selalu lakukan pemeriksaan identitas kendaraan sebelum Anda membelinya! Identitas mesin / kendaraan harus sesuai dengan Identitas yang dinyatakan di dalam kontrak. Nomor serial mesin di tandai di atas pelat atau di cap pada komponen casis. Pastikan nomor tersebut sesuai satu sama lainnya begitu juga pada nomor serial di dalam dokumen! Periksa dengan produsen mesin jika Anda memiliki keraguan. Jika tidak Anda mungkin melakukan pembelian atas sebuah kendaraan yang tampak seperti yang tertera di atas kontrak, namun merupakan barang curian.

Speedometer digital:

Speedometer digital dapat diakali, untuk meningkatkan nilai jual kendaraan. Jika Anda ragu akan kilometer /mil yang ditunjukkan dalam pembaca meter, bawalah kendaraan pada pemeriksa independen, untuk mengetahui kebenarannya.

Uji mesin:

Sebagai penjual selalu siap untuk menemani uji mesin! Pembeli mungkin saja mencuri kendaraan, bahkan apabila "pembeli" meninggalkan paspor atau kartu identitasnya sebagai jaminan. Dokumen ini bisa saja hasil curian atau telah dipalsukan!

Dokumen pada saat uji mesin:

Dalam proses pemeriksaan, sebagai penjual, Anda harus memiliki dokumen yang diperlukan atas kendaraan atau mesin sebagai bukti untuk pelanggan Anda, tetapi jangan pernah membawa dokumen-dokumen ini (terutama sertifikat kepemilikan kendaraan) dengan Anda, pada saat uji mesin dengan "pembeli". Simpan dokumen-dokumen ini di lokasi yang aman.

Berhati-hati dengan teks berukuran kecil yang tertera di dalam kontrak pembelian.

Berhati-hatilah pada teks berukuran kecil yang tertera di dalam kontrak. Pemberian harga yang bergantung pada hasil inspeksi eksternal untuk kemudian dimasukkan ke dalam kontrak harus dihindari!

 

Peralatan dan aksesoris ekstra yang disebutkan di dalam kontrak penjualan:

Selalu pastikan bahwa semua peralatan tambahan mahal (seperti Radio, pemutar CD, speaker, rim, atau bucket) tercantum dalam kontrak pembelian. Ini penting terutama jika terdapat penundaan waktu pengiriman yang signifikan!

Berhati-hati terhadap pemalsuan dokumen / sertifikat pengiriman:

"Penjual" dapat menghubungi pembeli setelah kesepakatan disetujui, bahwa ia telah mengirimkan barang. Ia membuktikannya melalui fax, hasil pemindaian dan email atau memberikan konfirmasi pesanan pengiriman / garansi dari sebuah perusahaan pengiriman (seperti DHL). Kemudia ia meminta pihak penjual untuk mentransfer keseluruhan atau sebagian uang pembayaran.
Barang tidak pernah datang, karena mesin, dokumen-dokumennya, dan garansi pengiriman tidak benar2 ada. Mereka telah dipalsukan!
Selalu melakukan pemeriksaan mesin sendiri. Sehingga, Anda tahu kebenarannya. Lakukan pemesanan pengiriman sendiri pada perusahaan pengangkutan yang Anda percaya dan dapatkan garansi pengiriman yang telah dikonfirmasi oleh perusahaan pengiriman tersebut. Periksa barang yang dikirim adalah barang yang Anda pesan! Jika memungkinkan hadirlah pada saat pengiriman berlangsung.

TOP>>

Penipuan jenis lainnya:

Penipuan melalui telepon:

Seorang "pembeli" potensial akan bertanya mengenai iklan dan meminta Anda untuk menghubunginya kembali. Nomor telepon yang diberikannya merupakan nomor telepon "layanan premium"! Anda akan diminta menunggu tanpa menyadari Anda membayar mereka selama waktu menunggu tersebut.
Karenanya jangan pernah menelepon balik nomor telepon dengan empat angka, atau yang Anda ketahui sebagai nomor telepon layanan premium berbayar.  

Penipuan dengan Daftar-Ekspor:

Seorang "pembeli" potensial tidak ingin membeli kendaraan Anda, tetapi ingin menempatkan mesin ke dalam sebuah publikasi daftar barang ekspor. Anda tidak mendapatkan materi informasi, hanya tagihan untuk Anda setujui, guna memasukkan mesin Anda dalam daftar itu. Seringkali penjual membayar tanpa memeriksa atau tidak yakin tapi tetap melakukan pembayaran tanpa menolak.

Catatan mengenai keterkaitan Mascus di dalam pembuatan kesepakatan:

  • Mascus tidak terlibat di dalam perjanjian, pertemuan atau pengaturan yang dibuat di antara penjual dan pembeli.
  • Mascus tidak bertanggung jawab atas apapun yang terjadi di antara pengguna, dealer atau penjual.
  • Mascus tidak menjual, membeli atau melakukan penjualan peralatan bekas pakai.
  • Mascus tidak memberikan rekomendasi atas perusahaan, dealer, penjual atau peralatan bekas pakai.
  • Mascus tidak dapat menjamin keaslian dari pelanggan, pengguna atau mesin bekas pakai yang ditampilkan di dalam Mascus.

Untuk informasi lebih lanjut bacalah Ketentuan Penggunaan Umum.

 Catatan mengenai teknik dan metode penipuan:

Ada banyak trik, metode dan teknik yang digunakan penjahat untuk menipu pembeli dan penjual yang tidak bersalah untuk mendapatkan uang. Setiap hari metode penipuan baru diciptakan. Mascus tidak dapat mencakup semuanya, namun tentu saja akan terus memperbarui halaman petunjuk ini.

Petunjuk keamanan ini kami sediakan untuk memperingatkan pengguna tentang tindakan pencegahan Mascus dalam membeli dan menjual peralatan bekas pakai.

Tujuannya ialah untuk mengingatkan pengguna untuk selalu menggunakan akal sehat dan selalu berhati-hati terhadap kemungkinan penipuan.

 Bantuan Mascus langsung:

Jika Anda mempunyai kecurigaan atas sebuah iklan yang mungkin melakukan tindak penipuan atau tidak yakin akan penawaran yang Anda terima, catat nomor ID iklan Mascusnya dan hubungi kami:

Tim Scholte
CEO

+31 (0) 651823389
tim.scholte@mascus.nl

Mascus International BV
Keizersgracht 127
1015 CJ Amsterdam
Netherlands
Registration Number: 57776806

Anda juga dapat menghubungi kami dengan menggunakan formulir Umpan balik Mascus.